Wisata Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda ( Dago Pakar )

Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda merupakan salah satu tempat wisata yang masih memiliki udara segar hutan muda. Karena letaknya berada di daerah perbukitan, sehingga udara di sekitar Taman Hutan Raya Ir.H Juanda masih terasa sejuk dan memiliki pemandangan yang cukup indah. Sangat cocok untuk mendinginkan otak yang telah bekerja selama seminggu. Hutan ini memiliki banyak spesies tanaman di dalamnya. Dan terdapat air terjun serta goa-goa peninggalan zaman penjajahan dahulu kala menambah keindahan akan hutan raya ini. Taman hutan ini terletak di daerah Bandung Utara, berada di tanah konservasi yang seluas 600 hektar dengan koleksi pohon yang mengesankan berjumlah lebih dari 2.500 jenis. Pada 14 Januari 1985, Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda diresmikan oleh mendiang Presiden Soeharto, bersamaan dengan hari ulang tahun Ir.H. Juanda yang lahir pada tahun 1911. Beliau meninggal pada 7 November 1963.
Namun terbitnya Deklarasi Djuanda adalah salah satu Kontribusi Juanda yang sangat penting yang dikeluarkan pada 13 Desember 1957 ketika beliau masih menjabat sebagai Perdana Mentri. Deklarasi ini menyatakan bahwa seluruh perairan di sekitar dan diantara pulau-pulau di Indonesia adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari daratan dan berada di bawah kedaulatan negara Republik Indonesia. Deklarasi ini kemudian dikembangkan menjadi konsep Wawasan Nusantara. Sebuah pemandangan panorama patung Juanda.
Ada empat pintu masuk ke Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda, dengan pintu masuk I dan II diakses melalui Dago Pakar, pintu masuk III berada di kolam pakar melalui PLTA Bengkok atau Curug Dago, dan pintu masuk IV berada di Maribaya, Lembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s