JICA : Arsitektur Menawan ala Negeri Sakura

Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) yang terletak di jalan Doktor Setiabudhi no 229 Bandung merupakan kampus yang Pelopor dan Unggul. Tak heran  jika banyak orang yang memilih kampus ini sebagai alternative untuk menuntut ilmu. Salah satu yang menjadi kebanggaan kampus ini adalah gedung Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ( FPMIPA ) yang oke punya. Kenapa oke punya? Karena arsitektur gedung ini yang menawan untuk ukuran gedung kampus pada umumnya. Orang-orang biasa menyebut gedung ini dengan sebutan JICA. Mengapa demikian?

JICA ( Japan International Coorperation Agency ) adalah sebutan lain untuk gedung FPMIPA. Karena memang gedung ini di buat atas kerjasama dengan Negara jepang.  Hal inilah yang membuat gedung ini berbeda dengan gedung-gedung lainnya yang ada di UPI bahkan di kampus lain, khususnya dari segi arsitektur. Suasana Jepang begitu kental  dalam bangunan ini. Gedung ini memiliki 4 area, yaitu west building ( gedung barat ) yang memiliki 3 lantai, north building ( gedung selatan ) yang memiliki 5 lantai, east building ( gedung timur ) yang memiliki 4 lantai, dan south building ( gedung selatan ) yang memiliki 3 lantai. Yang dimana setiap area gedung memiliki bentuk arsitektur yang berbeda  dengan yang lainnya. Hal ini juga yang membuat gedung ini terlihat menarik. Untuk penamaan area gedung ini sangat memudahkan anda mencari ruangan. Missal anda ingin mencari ruangan S209, penamaan ini tidak sembarangan. S menunjukan area gedung yang berarti south ( gedung selatan ). 2 berati lantai ke-2. Dan 09 berarti ruangan no 09. Jadi kesimpulannya ruang S209 artinnya ruangan yang ada di gedung selatan lantai 2 no 09.

Di sudut utara gedung terdapat dua menara yang terdiri dari 8 lantai. Menara ini berfungsi sebagai tempat penelitian mahasiswa jurusan fisika mengenai ilmu astronomi. Di antara dua menara ini ada 1 jam dinding, miripi jam dinding yang ada disekolah  jepang pada umumnya. Ruangan pada gedung utara di khusus kan untuk ruangan praktikum mahasiswa dari berbagai jurusan yang penamaan laboratoriumnya disesuaikan dengan jurusan masing-masing. Gedung timur dan selatan di khusukan untuk ruang perkuliahan. Sedangkan gedung barat area tempat mahasiswa melakukan kegiatan di luar perkuliahan. Lantai 1 terdapat kafetaria yang cukup nyaman untuk sekedar berisitrahat sambil menikmati menu yang ada disana.  Di lantai 2 dan 3 terdapat auditorium yang biasa dugunakan untuk acara seperti seminar atau semacamnya. Auditorium ini sangat menarik dari segi interior, karena ornament kayu yang dominan menghiasi keseluruhan ruangan ini. Di tambah lagi pencahayaan lampu yang membuat tempat ini lebih elegan. Jadi tak heran jika ruangan ini biasa di gunakan untuk acara-acara besar.

Walaupun gedung ini di buat oleh orang jepang, tapi mereka tetap membuat musola yang terletak di gedung timur lantai 1. Interior musola ini pun menggunakan ornament kayu, sehingga membuat musola ini selalu terasa sejuk.  Hal menarik lain dari gedung ini yaitu area taman yang berada di tengah-tengah gedung. Di tambah lagi dengan tiang-tiang yang berbentuk lingkaran menambah kekokohan dan keindahan bangunan ini. Dari segi pencahayaan dan sirkulasi udara gedung ini pun dibuat sedemikian rupa. Sehingga mahasiswa dapat belajar atau kerja kelompok dengan nyaman walaupun tidak di ruang an.  Dari segi ketahanan gedung ini bisa menahan gempa hingga 9 skala richter. Memang dari segala segi gedung ini sudah diperhitungkan matang-matang. Sehingga membuat gedung ini menjadi gedung terbaik yang dimiliki UPI.

south building

west building

north building

east building

Taman JICA

2 thoughts on “JICA : Arsitektur Menawan ala Negeri Sakura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s