Menelisik Hotel di Bandung Tempo Doeloe

Tak heran jika Kota Bandung merupakan salah satu kota wisata yang ada di Indonesia. Hal inipun terlihat dari jaman penjajahan Belanda dahulu. Yang dimana banyak sekali orang asing yang berdatangan ke kota ini untuk berwisata pada era tahun 1800-1900an. Paris Van Java alias Parisnya Jawa, itulah yang diungkapkan oleh orang-orang asing yang datang ke kota ini. Karena memang Bandung menjadi pusat wisata, hal ini pula lah yang membuat banyak hotel berkelimpangan di kota ini pada saat itu. Bahkan sampai saat ini masih banyak hotel-hotel yang tetap eksis dan terjaga arsitekturnya. Disini saya akan menampilkan beberapa hotel peninggalan jaman dahulu yang ada di Bandung. Cekidot…..
1. Hotel Preanger
Hotel yang didirikan pada tahun 1897 ini dulu bernama Hotel Priangan. Hotel ini terletak di jalan Asia-Afrika atau dahulu di kenal sebagai jalan Post Werg. Sebelum menjadi hotel dahulu bangunan ini merupakan toko yang mengalami kebangkrutan. Hotel Preanger didirikan oleh Van Deeterkom. Yang diman hotel ini menjadi kebanggan orang Belanda di Kota Bandung selama lebih dari seperempat abad. Meskipun hotel ini telah di renovasi tetapi eksterior klasiknya tetap di pertahankan. Dengan pola-pola art deco yang menjadi cirri khas hotel ini.

Hotel Preanger


2. Hotel Savoy Homann
Hotel Savoy Homann merupakan hotel pertama di kota Bandung yang dimiliki oleh keluarga Homann dari Jerman. Bermula dari bangunan bamboo kemudian di rekontruksi ke gaya gothic romantic. Namun setelah itu di desain ulang sengan gaya streamline art deco. Bintang film komedi Charlie Chaplin dikabarkan pernah menginap disini. Bahkan pada tahun 1955 hotel ini dijadikan tempat menginap para petinggi Asia-Afrika dalam konfrensi Asia-Afrika yang di adakan di Bandung.

Hotel Savoy Homann

3. Hotel Braga
Walaupun hotel ini tidak sepopuler Hotel Preanger dan Hotel Savoy Homann. Hotel Braga biasa di jadikan tempat penginapan alternative bagi para pendatang. Karena memang tidak begitu mahal untuk menginap disini. Bisa di bilang hotel ini kelas 2 nya lah di banding Hotel Preanger dan Savoy. Sehingga lebih banyak orang pribumi yang menginap disini. Sekarang Hotel ini sudah tidak di fungsikan lagi. Karena memang sedang massa perataan dengan tanah. Kemungkinan di tempat ini akan di bangun hotel kembali.

Hotel Braga

4. Hotel Royal Palace dan Hotel Istana
Dua hotel ini berada di jalan veteran. Yang dimana saling bersebrangan. Karena memang dahulu hotel ini di miliki oleh satu orang dan merupakan hotel kembar. Tetapi sekarang kedua hotel ini sudah dimiliki oleh orang yang berbeda. Hotel Royal Palace dahulu merupakan tempat percetakan yang cukup terkenal di Bandung. Sampai sekarang arsitektur bangunan ini tetap di jaga. Jadi hanya beberapa bagian saja yang di renovasi. Sedangkan Hotel Istana yang ada di sebrangnya di renovasi sepenuhnya.

Hotel Royal Palace

Hotel Istana

5. Hotel Grand Royal Panghegar
Hotel ini juga salah satu hotel yang ada sejak jaman dahulu. Walaupun dahulu bentuknya tidak seperti ini. Dahulu hotel ini tidak terlalu istimewa. Tetapi sekarang menjadi salah satu hotel terbaik yang ada di Bandung. Karena memang hotel ini sudah banyak mengalami perombakan. Dengan arsitektur berkelas serta interior yang bertaraf Internasional membuat hotel ini begitu mewah. Untuk menginap satu malam di hotel ini saja anda perlu merogoh kocek anda jutaan rupiah. Jadi tak heran jika hotel ini biasa di jadikan tempat menginap kaum jetset.

Hotel Grand Royal Panghegar

2 thoughts on “Menelisik Hotel di Bandung Tempo Doeloe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s